22 C
Maluku
Thursday, June 20, 2024

DPRD SBB GELAR PARIPURNA SERAH TERIMA JABATAN PJ. BUPATI SBB

PIRU-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (DPRD SBB) menggelar Rapat Paripurna dalam rangka serah terima jabatan dan mendengarkan pidato perdana Penjabat Bupati Achmad Jais Ely, Senin (27/05/2024).

Pj. Bupati yang baru dilantik pada Jumat (24/05/2024) lalu ini, ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian untuk menggantikan penjabat lama yang telah menjabat selama dua tahun kemarin, yakni Andi Chandra As’addudin.

Rapat dibuka oleh Ketua DPRD Abdul Rasyid Lisaholit dan didampingi para Wakil Ketua. Turut hadir Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Fibra Breemer mewakili Pj. Gubernur Maluku. Turut terlihat pula Forkopimda SBB, Anggota DPRD, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Pimpinan OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, Para Camat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Pj. Gubernur Maluku seperti dikutip oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM mengingatkan, “Tugas prioritas seorang Pj Bupati sebagaimana disebutkan dalam keputusan Menteri Dalam Negeri adalah memfasilitasi dan mensukseskan agenda nasional Pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang, dengan memastikan adanya alokasi dana sesuai NPHD yang disepakati, serta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara dilingkup Pemdanya.”

“Saya berharap kepada Bapak Ibu Wakil Rakyat Kabupaten SBB yang terhormat untuk mendukung penuh tugas yang diemban oleh Pj. Bupati dengan arif dan bijaksana, sambil tetap menjalankan fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan secara baik,” kata Sadali menambahkan.

Senada dengan itu, Pj. Bupati dalam pidato perdananya menyampaikan, “Saya akan menjalankan tugas serta kewajiban sebagaimana tertuang dalam SK pengangkatan, yakni memfasilitasi dan mensukseskan agenda nasional Pilkada serentak dan menjaga netralitas ASN yang ada di Bumi Saka Mese Nusa ini.”

“Tantangan kita di SBB ini adalah mampu melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik, turut mendorong majunya kualitas SDM ASN, pengelolaan sumberdaya alam dan kualitas lingkungan hidup yang berdaya saing, mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis potensi lokal, peningkatan inovasi, kemudahan berinvestasi, priorotas belanja APBD pada produk-produk dalam negeri,” ungkap Pj. Bupati.

“Kita juga harus serius menaruh perhatian terhadap isu nasional seperti Pengendalian inflasi, pengurangan angka kemiskinan, stunting dan pengangguran, percepatan pembangunan infrastruktur, penguatan birokrasi serta stabilitas politik dan keamanan,” lanjut beliau.

Menutup pidatonya Pj. Bupati menyampikan harapannya, “Untuk melaksanakan semua itu, saya tidak mungkin bekerja sendiri. Oleh karenanya, saya berharap adanya kerjasama serta dukungan dari semua anggota dewan yang terhormat, pimpinan OPD, maupun pimpinan instansi vertikal dan seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dan menjalin kerjasama agar visi dan misi yang tertuang dalam RPD dapat terwujud pada masa pemerintahan ini saya yang kurang lebih satu tahun kedepan ini.”

Rapat Paripurna kemudian diakhiri dengan penandatangan berita acara serah terima jabatan dari Pj. Bupati lama kepada Pj. Bupati yang baru dan dilanjutkan dengan jabat tangan dan foto bersama sebagai bentuk dukungan dan ucapan selamat dari para tamu undangan. (Diskominfo SBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here