18.3 C
Maluku
Wednesday, June 19, 2024

PJ BUPATI HADIRI PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

PIRU-Penjabat Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Achmad Jais Ely, pada Rabu (05/06/2024) menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang berlangsung di kompleks Kodim 1513/SBB.

Kegiatan ini turut diikuti oleh Dandim SBB dan Kapolres SBB mewakili FORKOPIMDA, Sekretaris Daerah (Sekda), Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Para Pimpinan OPD, dan Para Pegawai UPTD Kehutanan Provinsi.

Peringatan ini merupakan hasil keputusan Majelis umum PBB pada tahun 1972 saat Konferensi Stockholm. Hingga kini dalam peringatannya secara mendunia, pusat peringatan Hari Lingkungan Hidup dunia dimandatkan kepada satu Negara yang ditunjuk.

Untuk tahun 2024 ini Kerajaan Arab Saudi menjadi tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 dengan tema “Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience (Restorasi lahan, penggurunan dan ketahananterhadap kekeringan)” dengan slogan “Our Land, Our Future, Generation Restoration”.

Pj. Bupati Seram Bagian Barat membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc., Rabu (05/06/2024).

United Nations Environment Pragramme (UNEP) yang adalah otoritas global yang menetapkan agenda lingkungan dan mempromosikan implementasi yang koheren dari dimensi lingkungan pembangunan berkelanjutan dalam United Nations, menetapkan Hari Lingkungan Hidup tahun 2024 difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian
desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan.

Pj. Bupati saat mengutip sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc., menyampaikan bahwa “Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem”.

“Pemulihan berkaitan langsung dengan upaya penyelesaian krisis iklim. Dalam upaya penyelesaian krisis iklim, inovasi dan prinsip keadilan memegang peran penting. Melalui investasi dalam pemulihan lahan dan ketahanan terhadap kekeringan, kita tidak hanya mengatasi masalah degradasi lingkungan, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam mitigasi perubahan iklim”.

“Namun, pendekatan ini juga harus didasarkan pada prinsip keadilan, memastikan bahwa manfaatnya dirasakan oleh semua pihak, termasuk komunitas lokal dan masyarakat adat. Di sisi yang lain, inovasi teknologi dan kebijakan yang inklusif secara bersama-sama akan dapat menciptakan solusi yang berkelanjutan atas krisis iklim, sambil memastikan kesejahteraan bagi semua pihak yang terlibat”, sambung Nurbaya.

Diakhir sambutannya Menteri mengucapkan, “Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara keberlanjutan. Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024. Semoga Allah SWT meridhoi
semua upaya dan langkah kita dalam menjaga dan melestarikan lingkungan Indonesia.

Rangkaian acara kemudian ditutup dengan penanaman anakan pohon mangga sebagai wujud cinta lingkungan yang dilakukan oleh Pj Bupati, Dandim SBB, Kapolres SBB, Sekda SBB dan Plt. Kadis Lingkungan SBB di lingkungan halaman Kodim SBB. (Diskominfo SBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here