20.8 C
Maluku
Tuesday, July 16, 2024

WAKILI PJ BUPATI, SEKDA SBB BUKA DIALOG KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

PIRU-Bertempat di Hotel Mitra Palace, Piru pada Senin (08/07/2024) Sekretaris Daerah Seram Bagian Barat (SBB) Leverne A. Tuasuun hadir mewakili Penjabat Achmad Jais Ely untuk membuka Kegiatan Dialog Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten SBB.

Acara yang digagas pelaksanaannya oleh Forum Kerukunan Beragama (FKB) SBB ini, berlangsung selama sehari dengan mengusung tema besar “Merajut Damai di Bumi Saka Mese Nusa”.

Selain Sekda, turut terlihat hadir pula antara lain, Wakapolres SBB, Perwakilan Forkopimda, Staf ahli Bupati, Kepala Kemenag SBB, para pemuka agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta pengurus organisasi keagaman yang ada di SBB.

Mengawali Sambutannya Sekda menyampaikan, “FKUB sangatlah penting bagi persatuan dan kesatuan bangsa karena merupakan wadah untuk mempersatukan umat beragama dan memberikan rasa toleransi dalam perbedaan keyakinan.”

“Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kegiatan dihari ini, karena tanpa dialog maka tentunya akan ada banyak informasi-informasi yang tersumbat, dimana dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat tentunya kita tidak terlepas dari kerikil-kerikil masalah yang mungkin dihadapi,” ungkap Tuasuun.

“Kerikil-kerikil ini tentunya tidak bisa dipecahkan dalam satu lingkungan komunitas saja, karena masing-masing punya ego dan seterusnya. Sehingga lewat dialog yang digagas hari ini, dapat membantu menjaga komunikasi dan informasi antar pemeluk agama di Bumi Saka Mese Nusa ini tidak akan terputus”, lanjut Beliau.

Sekda kemudian menyampaikan harapannya, “sehingga kami Pemerintah Daerah berharap, dengan komunikasi yang tetap terjaga dan terjalin , maka setiap ada persoalan yang timbul dapat diselesaikan secara bersama-sama tentunya dengan dibalut rasa toleransi yang tinggi.”

Sebelum menutup sambutannya dan sekaligus membuka kegiatan, Sekda mengingatkan kepada seluruh peserta dialog yang hadir untuk dapat mengikuti setiap sesinya dengan serius dan tetap membuka dialog satu sama lain, bukan hanya lewat kegiatan dihari ini saja namun tetap menjalin komunikasi kapan saja dan lewat media komunikasi apa saja.

Usai dibuka kegiatan ini nantinya akan berisi tiga sesi yang akan diisi oleh tiga pemateri yang berasal dari perwakilan tiga agama, yakni Abdul Syukur Kaliky, S.Ag., SH., MH., wakili Islam, Pdt. Pesiwerissa dari Kristen Protestan serta perwakilan Khatolik dibawakan oleh RD. Goris Matly, Pr.c. (Diskominfo SBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here