18.6 C
Maluku
Monday, July 15, 2024

BUKA MUSRENBANG RPJPD 2025-2045, PJ BUPATI TEKANKAN PENINGKATAN INOVASI DALAM PEMBANGUNAN

PIRU-Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) pada Jumat (05/07/2024) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) untuk periode tahun 2025 hingga 2045.

Bertempat di Aula Lantai 3 Kantor Bupati, kegiatan ini dihadiri langsung Penjabat Bupati Achmad Jais Ely didampingi Forkopimda SBB, Sekretaris Daerah SBB, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, para Pimpinan OPD, pimpinan instansi vertikal, para Camat, beberapa Kepala Desa dan para Kasubag Perencanaan dari semua OPD.

Forum ini sendiri berfungsi guna membahas dan menetapkan arah kebijakan pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun ke depan Kabupaten SBB, yang mencakup berbagai sektor seperti infrastruktur, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan berbagai sektor pelayanan dasar lainnya.

Dalam giat ini, Kepala Bapeda Ruslan Nain, menyampaikan bahwa yang akan menjadi poin pembahasan adalah terkait penyusunan RPJPD, visi daerah, misi pembangunan, arah kebijakan, sasaran pokok dan rencana tindak lanjut ke depan setelah proses Musrenbang ini.

Pj. Bupati Seram Bagian Barat membawakan sambutan dalam kegiatan Musrenbang RPJPD 2025 – 2045.

Saat menyampaikan sambutannya Pj. Bupati menyampaikan, “Musrenbang RPJPD merupakan salah satu tahapan yang wajib dilaksanakan dalam penyusunan dokumen RPJPD kabupaten SBB 2025-2045 yang merupakan salah satu agenda nasional dan dilaksanakan secara serentak yang mengacu pada instruksi Mendagri nomor 1 tahun 2024.”

“Melalui kegiatan ini kiranya kita dapat menjaring permasalahan dan isu-isu strategis daerah serta dapat menghasilkan program-program prioritas yang akan dilaksanakan, yang pada kesempatan ini kiranya dapat diperkaya dengan berbagai inovasi sehingga mampu menyelesaikan permasalahan di masyarakat,” ungkap Pj. Beliau.

“Dalam kesempatan ini saya ingin menekankan beberapa hal untuk memaksimalkan dokumen RPJPD Kabupaten SBB yang tidak sekedar dokumen perencanaan namun dokumen yang dapat dilaksanakan dalam mendukung pencapaian target pembangunan dalam 20 tahun kedepan,” sambung Beliau.

Menutup sambutannya Pj Bupati mengatakan, “Akhir kata saya ucapkan selamat mengikuti jalannya Musrenbang RPJPD Kabupaten SBB Tahun 2025-2045 kepada peserta, mari jadikan momen ini sebagai wadah kolaborasi dan diskusi untuk menjaring permasalahan pembangunan serta memberikan solusi yang inovatif dan berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat Saka Mese Nusa.” (Diskominfo SBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here