18.6 C
Maluku
Monday, July 15, 2024

SEKDA SBB BUKA SOSIALISASI PENGUKURAN DAN PENILAIAN INDEKS INOVASI DAERAH

PIRU-Untuk memberikan persepsi yang sama tentang pengukuran indeks inovasi daerah, mendorong OPD untuk melaporkan inovasi yang telah berjalan, serta meningkatkan partisipasi OPD dalam pengukuran dan pelaporan inovasi daerah tahun 2024, maka digelar Sosialisasi Pengukuran dan Penilaian Indeks Inovasi Daerah (Innovative Government Award – IGA).

Sosialisasi diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbang) Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) pada Rabu (03/07/2024) bertempat di Aula Lantai 3 Kantor Bupati.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Sekretaris Daerah Leverne A.Tuasuun, serta diikuti oleh 70 orang peserta yang merupakan admin inovasi yang ditunjuk oleh masing-masing OPD yang ada di Pemerintah Kabupaten SBB.

Menghadirkan Bapak Isman AP selaku fungsional kebijakan ahli muda bidang inovasi pusat Litbang Inovasi Daerah pada Badan Strategis Kebijakan Dalam Negeri Republik Indonesia, sebagai satu-satunya Narasumber dalam sosialisasi ini.

IGA sendiri merupakan salah satu kegiatan prioritas nasional dan unggulan pada Kementerian Dalam Negeri dari tahun 2007 sampai sekarang, yang memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang telah berhasil mengembangkan ekosistem inovasi yang berdampak pada perbaikan penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Dalam sambutannya Sekda kemudian menyampaikan, “Pemda SBB telah ikut berpartisipasi dalam IGA yang diselenggarakan oleh Kemendagri RI, dari tahun 2019 sampai sekarang. Dimana pada tahun 2023 kemarin, nilai indeks Inovasi Daerah sebesar 36,97 dengan urutan keempat di Maluku setelah SBT, Kota Ambon dan Maluku Tengah.”

“Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi kita dalam mengevaluasi seluruh kebijakan inovasi disetiap perangkat daerah terutama perangkat daerah pelayanan publik dan perangkat daerah penampuh Standar Pelayanan Minimal (SPM),” lanjut Sekda.

“Inovasi berperan menjadi mesin dari pembentukan daya saing jangka panjang untuk menghadirkan inovasi yang tepat, sehingga Pemda perlu berinisiatif untuk memetakan dan menggali semua potensi yang belum dimanfaatkan secara maksimal,” ungkap Sekda.

Beliau kemudian melanjutkan, “Dengan berinovasinya suatu daerah dapat mencerminkan komitmen Pemda dalam mendukung peningkatan daya saing nasional dan kesejahtraan masyarakat, dan merupakan tools dan strategi dalam menghadirkan kebijakan yang solutif untuk menghadapi persoalan yang ada dimasyarakat”.

Mengakhiri sambutannya Sekda menyampaikan pesan, “Pesan saya kepada bapak ibu admin inovasi dari masing-masing OPD untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan mari jadikan inovasi sebagai bagian dari budaya kita dalam bekerja dan berkarya sehingga kita mampu menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang smart, berwawasan global, mengusai teknologi dan informasi serta memiliki networking yang solid.” (Diskominfo SBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here