18.6 C
Maluku
Monday, July 15, 2024

WAKILI PJ BUPATI, SEKDA SBB SAMBUT PESERTA KESIAPAN PELAKSANAAN KKN KEBANGSAAN

PIRU-Sebagai Bagian dari bentuk persiapan pelaksanan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan yang akan dilaksanakan pada 22 juli hingga 22 Agustus 2024 mendatang, maka beberapa perguruan tinggi se-Indonesia yang terlibat di dalamnya mengutus tim perwakilannya untuk melakukan visitasi atau peninjauan lokasi pelaksanaannya.

Tim visitasi yang terdiri dari 7 (tujuh) Rektor, 27 Orang Ketua Lembaga Penelitin dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan 44 orang Pengelola KKN, tiba di Piru pada Kamis, (26/06/2024).

Pada malam harinya rombongan disambut dan dijamu makan malam di Cafe G’R Piru oleh Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Penyambutan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Leverne A. Tuasuun, mewakili Penjabat Bupati yang berhalangan hadir dikarenakan tugas dinas dan hadir bersama Asisten II Setda Pemkab SBB dan Para Pimpinan OPD.

Untuk diketahui KKN Kebangsaan merupakan kegiatan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang dilaksanakan setiap tahun dengan menugaskan salah satu perguruan tinggi sebagai pelaksana/tuan rumah.

Dan untuk tahun ini Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, terpilih sebagai tuan rumah pelaksana, dimana terdapat 3 kota/kabupaten yang dipercayakan sebagai lokasi KKN, yakni Kota Ambon, Kabupaten SBB dan Kabupaten Maluku Tengah.

Khusus SBB, lokasi terdapat diempat kecamatan, yakni Kecamatan Amalatu yang terdiri dari Desa Tihulale, Desa Rumahkay, Desa Latu dan Desa Hualoy, Kecamatan Inamosol yang melibatkan Desa Ursana dan Desa Sukowati, lalu ada Kecamatan Kairatu, dengan Desa Seriawan dan Kamariang serta Kecamatan Taniwel yang menujuk Desa Mornaten, Desa Niwelehuw, Desa Nuniali dan Desa Taniwel.

Sekda kemudian berkesempatan menyampaikan ucapan selamat datang serta memaparkan secara singkat tentang gambaran umum profil Kabupaten SBB, dimana dalam pemarannya Beliau menyampaikan, “Untuk diketahui Bapak Ibu sekalian kami disini memiliki begitu banyak potensi Sumber Daya Alam (SDA), baik disektor pertanian, perkebunan, perikanan bahkan hingga pariwisata.”

“Namun sayangnya semuanya belum terkelola dan termanfaatkan dengan maksimal dikarenakan keterbatasan infrastruktur, sumber daya manusia yang berkualitas, serta investasi yang masih jauh tertinggal dari daerah lain,” lanjut Sekda.

“Untuk itu, melalui KKN Kebangsaan ini, Pj Bupati melalui pesannya mengharapkan agar nantinya disaat para mahasiswa peserta KKN ini turun ke di desa lokasinya ditempatkan
dapat memberikan pencerahan serta membangun kesadaran dan kemandirian masyarakatnya melalui bidang ilmunya masing-masing,” ungkap Sekda.

Menutup paparannya Sekda menyampaikan, “Selamat menikmati keindahan alam Bumi Saka Mese yang masih asri ini, semoga apa yang kita rencanakan dan kita programkan melalui KKN Kebangsaan ini dapat memberi manfaat sebesar-besarnya dan membantu peningkatakan kejesahteraan masyarakat SBB.” (Diskominfo SBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here